MENGENALKAN, MENGELOMPOKKAN, DAN MEMBEDAKAN MASSA,
BESAR, DAN PANJANG
LAPORAN
diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah
SAINS untuk Pendidikan Anak Usia Dini
Dra.
Margaretha Sri Y, M.Pd
Oleh:
Arin
Apriani R 1104323
Silviana
Nurohma 1102299
Dellena
Alfianeu 1105557
PG-PAUD
5B
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
UNIVERSITAS
PENDIDIKAN INDONESIA
KAMPUS
CIBIRU
BANDUNG
2013
A. Konsep
Massa,Besar, Dan Panjang
Kehidupan
anak tidak dapat lepas dari sains, kreativitas dan aktivitas sosial. Makan,
minum, menggunakan berbagai benda yang ada di rumah seperti radio, TV, dan
kalkulator tidak lepas dari sains dan teknologi. Oleh sebab itu, guru hendaknya
dapat menstimulasi anak dengan berbagai kegiatan yang terkait dengan sains dan
teknologi. Untuk itu, seorang guru perlu mempelajari konsep-konsep keilmuan dan
cara pengajarannya.
Konsep
Massa dalam pembelajaran anak usia dini mengenalkan
ukuran mengenai berat suatu benda,dalam mengenal masa anak dapat menerapkan
pada kehidupan sehari-hari bahwasannya dia bisa membedakan kapas itu ringan dan
batu itu berat. (berasal dari Sebagai contoh, seseorang yang mengangkat benda
berat di Bumi dapat mengasosiasi berat benda tersebut dengan massanya)
Konsep panjang , Panjang
adalah jarak antara dua titik di dalam ruang. Utuk memberikan suatu pemahaman
kepada anak tentang suatu benda yang memiliki ukuran,contohnya saja anak di
kenalkan panjang suatu benda, contohnya saja penggaris,balok, dari sana anak
belajar hukum kekekalan, anak dapat membedakan,mengelompokan suatu benda
berdasarkan jenis ukuran dan panjang suatu benda.
Konsep Besar, konsep besar ini dapat
memberikan suatu pemahaman kepada anak tentang ukuran suatu benda, besar
kecilnya suatu benda, sehingga anak paham tentang suatu benda yang besar,
misalkan saja anak di beri tahu tentang benda-benda di langit dan di luar
angkasa. Berat benda dapat di ubah-ubah
menurut tempat dimana benda tersebut berada. Berat benda di bumi dan di bulan
berbeda-beda. Kenapa demikian ? karena berat menyatakan ukuran gaya gravitasi
yang bekerja pada benda tersebut.
B. Metode
Mengenalkan, Mengbedakan, Dan Mengelompokkan Benda Menurut Panjang,Massa Dan
Besarnya Untuk Anak Usia Dini.
Memberikan
pengetahuan SAINS pada anak usia dini sangatlah penting, dimana SAINS merupakan
bagian dari kehidupan sebagai upaya pengembangan diri dalam mencapai
tujuan hidup yang lebih baik. Termasuk
memberikan pengetahuan tentang konsep panjang, massa, dan besar pada anak yang
pada umumnya sering dijumpai dalam kehidupannya. Dalam memberikan pengetahuan
ini maka seorang guru haruslah pintar-pintar mencari cara atau metode yang baik
agar anak dalam mempelajarinya dengan kondisi menyenangkan dan mudah dipahami.
Pada
dasarnya dalam mengajarkan SAINS haruslah melalui 3 aspek utama untuk mencapai
tujuan anak memahaminya yaitu memberikan
kesempatan eksplorasi yang memadai untuk anak, dukungan interaksi pedagogis
yang bermutu, dan dukungan logika yang efektif.unsur penting lainnya dalam
mengajarkan SAINS pada anak yaitu harus adanya unsur pengamatan (observasi)
dan percobaan, dari unsur kedua ini maka diperlukanlah sebuah metode pembelajaran
kepada anak usia dini sehingga anak tidak merasakan jenuh dan yang paling peting
tentu harus disesuaikan dengan karakteristik anak sehingga anak merasakan rasa
nyaman dan menyenangkan. Adapun metode pembelajaran yang sesuai dengan anak
usia dini diantaranya:
a. Bermain
atau Permainan
b. Eksperimen
c. Kerajinan
tangan
d. Bercerita
e. Bernyanyi
a.
Metode
Bermain atau Permainan
Bermain atau permainan tidak bisa dianggap sepele
bagi perkembangan anak, dimana bermain merupakan aktivitas penting bagi
anak dan tidak bisa di pisahkan dari
anak-anak. Orang-orang sering kali menyebut dunia anak sebagai dunia bermain.
Bahkan banyak sekali manfaat dari bermain diantaranya adalah melalui bermain
atau permainan anak mampu mengendalikan perilaku
mereka dan menerima keterbatasan di dunia nyata serta melanjutkan perkembangan
ego dan pemahaman atas realitas serta dapat mengembangkan berbagai
aspek perkembangan pada anak.
Maka
sangatlah tepat metode belajar anak menggunakan metode bermain, metode belajar
anak dengan bermain membuat anak senang dan anak tidak merasa tertekan serta
tidak terbebani oleh pembelajaran, anak-anak pun mudah menyerap dan menerapkan
pelajaran yang diberikan. Mengenalkan, mengelompokkan, dan membedakan
benda menurut panjang, besar, dan massa untuk dipahami anak usia dini
juga dapat dengan metode bermain atau permainan. Contoh permainan:
Menyusun balok, Anak-anak di bagi menjadi 2 kelompok, guru
menyediakan berbagai balok di satu sisi
secara acak dari yang besar sampai yang kecil
di simpan digaris stars. Setelah itu guru membuat garis finish, aturan
permainannya semua anak berjajar di belakang garis stars dan setiap anak
mengambil balok, ketika peluit oleh guru di bunyikan satu persatu anak berlari
kearah finish dengan mengambil balok dan menyusunnya dari yang besar ke yang
kecil. Bagi kelompok yang cepat menyusun balok menjadi pemenang dan mendapatkan
reward.
Permainan yang lain dalam
mengenalkan,mengelompokkan,dan membedakan massa,panjang, dan besar yaitu APE
(Alat Permainan Edukatif) contohnya dibawah ini:
b.
Eksperimen
Metode
eksperimen ini juga cocok dan bagus untuk diterapkan dalam pembelajaran anak
usia dini, dimana sesuai dengan teori belajar
konstruktivisme dimana belajar sebagai sebuah proses di mana pelajar
aktif membangun atau membangun ide-ide baru atau konsep. Maka dengan eksperimen
anak dapat membangun pengetahuannya dengan belajar secara aktif mencoba dengan
pengalaman yang akan bermakna buat anak. eksperimen juga sesuai dengan teori
yang dikemukakan oleh Jean Piaget yaitu sesuai dengan kemampuan daya pikir anak
pada masa usia dini diantaranya operasional kongkrit dimana daya berpikir anak
harus menghadirkan benda yang nyatanya, dalam mengenalkan, membedakan, dan
mengelompokkan benda menurut besar, panjang, dan massa juga dapat dengan
eksperimen contoh kegiatan di TK:
·
Tema : Diri Sendiri
Guru mengukur berat badan dan tinggi setiap anak, setelah itu
guru mengumumkan anak yang berat badan dan tinggi badan yang tertinggi beserta
yang terrendah.
·
Tema: Lingkunganku
Guru menyediakan beberapa benda-benda yang berada dilingkungan
terdekat anak seperti batu, tisu, kertas, pensil, penghapus dll, dan guru juga
menyediakan baskom transfaran yang berisi air . Setelah itu guru meminta setiap
anak untuk memasukkan salah satu benda yang anak pilih ke dalam air, akan
terlihat sifat-sifat benda. Di akhir kegiatan guru menjelaskan perbandingan
benda yang cepat tenggelam dan sukar tenggelam itu berarti perbedaan berat
benda.
c. Kerajinan tangan
Kerajinan
tangan juga merupakan metode yang peting dalam pendidikan anak usia dini,
dimana adanya kerajinan tangan atau karya anak menjadi lebih antusias dan
tentunya akan membantu dalam mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak,
contoh kerajinan tangan (karya) dalam mengenalkan,mengelompokkan, dan
membedakan benda menurut besar, massa, dan pajang yaitu kegiatannya:
Tema : Kendaraan
Anak dipersilahkan untuk membuat mobil dari playdough dapat
dengan ketentuan seperti kecil dan besarnya, atau anak dipersilahkan untuk
membuat mobil dari playdough dengan ukuran bebas, namun diakhir kegiatan guru
membandingkan karya setiap anak dari yang terkecil sampai yang terbesar.
d. Bercerita
Bercertita
merupakan suatu media untuk menyampaikan nilai-nilai yang terkandung di dalam
nya, metode bercerita yang baik adalah cerita yang mampu mendidik akal budi dan
imajinasi anak. Dimana dalam cerita ini juga dapat memberikan suatu pengalaman
belajar bagi anak taman kanak-kanak dengan membawakan cerita dengan secara
lisan. Di dalam memperkenalkan Sains kepada anak, dengan Mengenalkan,
Mengbedakan, Dan Mengelompokkan benda Menurut Panjang, Massa Dan Besarnya Untuk
Anak Usia Dini yaitu salah satu nya dengan metode bercerita, ada beberapa
tehnik untuk mendongeng atau bercerita yaitu antara lain , anak dapat mampu
membaca langsung dari buku cerita, menggunakan suatu ilustrasi suatu cerita,
cerita melalui permainan peran, cerita dari majalah bergambar dan bercerita
melalui rekaman audio. cerita dalam
mengenalkan,mengelompokkan, dan membedakan benda menurut besar, massa, dan
pajang. Adapun contoh
kegiatan pembelajaran dengan metode bercerita adalah sebagai berikut:
Tema : hewan
Kegiatannya anak
diberikan cerita tentang si kancil, monyet, dan gajah. dari cerita tersebut
guru dapat membandingkan berat badan dan tinggi badan hewan tersebut disanalah
anak dapat mempelajari konsep besar, panjang, dan massa.
e.
Bernyanyi
Metode Bernyanyi merupakan
hal yang tidak bisa terlepas dari anak-anak terutama anak usia dini, metode ini
adalah pendekatan pembelajaran yang secara nyata mampu membuat anak senang dan
bergembira, anak diarahkan kepada
situasi bahagia. Bernyanyi membuat anak senang dan anak tidak merasa
tidak terbebani oleh pembelajaran yang di berikan. Di dalam Mengenalkan, Mengbedakan, Dan
Mengelompokkan benda Menurut Panjang, Massa Dan Besarnya Untuk Anak Usia Dini
yaitu salah satu nya dapat dilakukan dengan metode bernyanyi. Contoh- contoh
nyanyian konsep panjang, besar, dan massa dibawah ini:
Open
Shut Them From Super Simple Songs
Open
shut them, open shut them. [Open and shut your hands.]
Give a little clap, clap, clap. [Clap.]
Open shut them, open shut them.
Put them in your lap, lap, lap. [Pat your legs.]
Big and small.
Big and small. Big and small. [Spread your hands out wide, and then put them close together.]
Big, big, big, big, small, small, small.
Big and small. Big and small.
Big, big, big, big, small, small, small.
Please. No, thank you.
Please. No, thank you. Please. No, thank you.[Clasp your hands under your chin as if asking for something, then shake your head and wave your hand in front of your face as if saying, "No, thank you."]
Please, please, please, please. No thank you.
Please. No, thank you. Please. No, thank you.
Please, please, please, please. No thank you.
Fast and slow.
Fast and slow. Fast and slow. [Move your hands round and round quickly, and then slowly.]
Fast, fast, fast, fast, slow, slow, slow.
Fast and slow. Fast and slow.
Fast, fast, fast, fast, slow, slow, slow.
Loud and quiet.
Loud and quiet. Loud and quiet. [Cup your hands around your mouth and shout, and then put your finger in front of your mouth like you are saying, "Shh."]
Loud, loud, loud, loud. Shh... Quiet.
Loud and quiet. Loud and quiet.
Loud, loud, loud, loud. Shh... Quiet.
Peek-a-boo.
Peek-a-boo. Peek-a-boo. [Place your hands in front of your face and then quickly move them away as you say, "Boo!"]
Peek-a, peek-a, peek-a-boo!
Peek-a-boo. Peek-a-boo.
Peek-a, peek-a, peek-a-boo! ?
Give a little clap, clap, clap. [Clap.]
Open shut them, open shut them.
Put them in your lap, lap, lap. [Pat your legs.]
Big and small.
Big and small. Big and small. [Spread your hands out wide, and then put them close together.]
Big, big, big, big, small, small, small.
Big and small. Big and small.
Big, big, big, big, small, small, small.
Please. No, thank you.
Please. No, thank you. Please. No, thank you.[Clasp your hands under your chin as if asking for something, then shake your head and wave your hand in front of your face as if saying, "No, thank you."]
Please, please, please, please. No thank you.
Please. No, thank you. Please. No, thank you.
Please, please, please, please. No thank you.
Fast and slow.
Fast and slow. Fast and slow. [Move your hands round and round quickly, and then slowly.]
Fast, fast, fast, fast, slow, slow, slow.
Fast and slow. Fast and slow.
Fast, fast, fast, fast, slow, slow, slow.
Loud and quiet.
Loud and quiet. Loud and quiet. [Cup your hands around your mouth and shout, and then put your finger in front of your mouth like you are saying, "Shh."]
Loud, loud, loud, loud. Shh... Quiet.
Loud and quiet. Loud and quiet.
Loud, loud, loud, loud. Shh... Quiet.
Peek-a-boo.
Peek-a-boo. Peek-a-boo. [Place your hands in front of your face and then quickly move them away as you say, "Boo!"]
Peek-a, peek-a, peek-a-boo!
Peek-a-boo. Peek-a-boo.
Peek-a, peek-a, peek-a-boo! ?
Pak Petani
Pak petani punya kandang
Besarr,,,besar,,besarr
Didalamnya ada sapi,,
Moooo…moo..mooo
Disini moo..disana,,moo,,dimana-mana
moo,,moo
Pak petani punya kandang
Kecil,,kecill,,,kecil
Didalamnya ada ayam
Petokk,,petookk,,petookk,,
Disana petokk disana
petokk,,dimana-mana petok-petokk,,
Lingkaran
besar dan kecil
Lingkaran besar,,lingkaran
besar,,
Lingkaran kecil..
Lingkaran kecil,,lingkaran
kecil
Lingkaran besar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar