Laman

Sabtu, 24 Maret 2012

bidang pengembangan kurikulum PAUD




No

Lingkup Pengembangan

Bidang Pengembangan
Kepribadian
Kemampuan dasar
1.
Moral agama
1.Mengenal Tuhan melalui agama yang dianutnya
3.Mengucapkan doa saebelum dan/atau sesudah melakukan sesuatu
4. mengenal prilaku baik /sopan dan buruk
5.membiasakan diri berkelakuan baik
6. mengucapkan dan membalas salam.

1.Mengenal Tuhan melalui agama yang dianutnya
2.Meniru gerakan ibadah
3.Mengucapkan doa saebelum dan/atau sesudah melakukan sesuatu
4. mengucapkan dan membalas salam

.
2.
Kognitif

A.Pengtahuan Umum dan Sains
3. mengenal gejala sebab akibat yang tekait dengan dirinya
5.mengkreasikan sesuatu sesuai dengan idenya sendiri

A.Pengtahuan Umum dan Sains
1.mengenal benda berdasarkan fungsi (pisau untuk memotong, pensil untuk menulis)
2.mengunakan benda-benda sebagai permainan simbolik (kursi sebagai mobil)
3. mengenal gejala sebab akibat yang tekait dengan dirinya
4.Mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari (geimis, hujan, gelap, terang, temaram, dsb)
5.mengkreasikan sesuatu sesuai dengan idenya sendiri

B.konsep bentuk, wana, ukuran dan pola
1.mengklasifikasikan benda berdasakan bentuk atau warna atau ukuan
2.mengklasifikasikan benda kedalam betuk yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok yang berpasangan 2 fariasi.
3. mengenal pola AB-AB dan ABC-ABC
4.menguutkan benda berdasakan 5 seriasi ukuran atau warna

C.Konsep Bilangan, lambang bilangan dan huruf
1.mengetahui konsep bnyk dan sedikit
2.membilang banyak benda 1-10
3.mengenal konsep bilangan
4.mengenal lambang bilangan
5.mengenal lambang huruf
3
Sosial emosional

1. Menunjukkan sikap mandiri
dalam memilih kegiatan.
2. Mau berbagi, menolong, dan
membantu teman.
3. Menunjukan antusiasme dalam
melakukan permainan
kompetitif secara positif.
4. Mengendalikan perasaan.
5. Menaati aturan yang berlaku
dalam suatu permainan.
6. Menunjukkan rasa percaya diri.
7. Menjaga diri sendiri dari
lingkungannya.
8. Menghargai orang lain.
5. Menaati aturan yang berlaku
dalam suatu permainan.
7. Menjaga diri sendiri dari
lingkungannya.

4
Fisik motorik
C.Kesehatan Fisik
1.memiliki kesesuaian antara usia dengan berat badan
2. memiliki kesesuaian antara usia dengan tinggi badan
3. memiliki kesesuaian antara tinggi badan dengan berat badan

A.Motorik Kasar
1. minenirukan gerakan binatang, pohon tertiup angin, pesawat terbang, dsb.
2.melakukan gerakan menggantung (bergelayut)
3.melakukan gerakan melompat, meloncat dan berlari secara berkoordinasi
4.melempar sesuatu secara terarah
5.menangkap sesuatu secara tepat
6. melakukan gerakan antisipasi
7.menendang sesuatu secara teratur
8. kemampuan dasar memamfaatkan alat pemainan di luar kelas

B.Motorik Halus
1.membuat gris vetikal, horizontal, lengkug kii atau kana, miring kri/kanan dan lingkaran
2.menjiplak bentuk
3.mengkordinasikan mata dan tangan utuk melakukan gerakan yang rumit
4.melakukan gerakan manipulatif untuk menghasilkan suatu bentuk dengan menggunakn berbagai media
5.mengekspresikan diri dengan berkaya seni menggunakan bebagai media
5
Bahasa
B.mengungkapkan Bahasa
6. Menyatakan alasan terhadap
sesuatu yang diinginkan atau
ketidaksetujuan.
5. Mengutarakan pendapat
kepada orang lain.


A.Menerima Bahasa
1.menyimak perkataan orang lain (bahasa ibu atau bahasa lainnya)
2.mengerti 2 perintah yang diberikan secara bersamaan
3.memahami cerita yang dibacakan
4.mengenal perbndaharaan kata mengenai kata sifat (nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek, dsb)

B.mengungkapkan Bahasa
1.mengulang kalimat sederhana
2.menjawab pertanyaan sederhana
3.mengungkapkan perasaan dengan kata sifat (baik, senang,pelit, nakal, baik hati, berani, baik, jelek, dsb)
4. Menyebutkan kata-kata yang
dikenal.
5. Mengutarakan pendapat
kepada orang lain.
6. Menyatakan alasan terhadap
sesuatu yang diinginkan atau
ketidaksetujuan.
7. Menceritakan kembali
cerita/dongeng yang pernah
didengar.

C.keaksaraan
1.Mengenal simbol-simbol.
2. Mengenal suara–suara
hewan/benda yang ada di
sekitarnya.
3. Membuat coretan yang
bermakna.
4. Meniru huruf.

  ü  Arin Apriani Ratnasari (1104323)
  ü  Deh Iyan Apriani Rohmah (1104322)
  ü  Dian Surya Aprilianti (1103011)
  ü  Hana Hapipah (1103063)
  ü  Meti Rahmawati (1102353)
  ü  Vidya Pitaloka (1104423)
  ü  Yuli Kartini (1107145)

    UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
    KAMPUS CIBIRU
    PGPAUD

1 komentar:

  1. Acuan untuk pengembangan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan anak, tulisan yang sangat bermanfaat, terimakasih...salam

    BalasHapus